Blog

Virgin Coconut Oil Bukan Sekedar Minyak Biasa

Virgin coconut oil atau VCO kini sudah semakin eksis di kalangan masyarakat karena segudang manfaatnya untuk kesehatan. Jangan salah, virgin coconut oil bukan sekedar minyak biasa melainkan minyak kelapa murni yang dipercaya memiliki khasiat lebih dibanding minyak kelapa lainnya.

Perbedaan VCO dan minyak kelapa

Virgin coconut oil berbeda jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa. Perbedaannya terletak pada proses pengolahan yang dilakukan. VCO diperoleh dari santan kelapa segar, sedangkan minyak kelapa biasa diperoleh dengan cara mengekstrak kelapa yang sudah kering atau disebut kopra.

Selain itu, proses ekstraksi VCO lebih rumit dibandingkan minyak kelapa biasa dan tanpa melibatkan bahan kimia lainnya. Maka tidak heran jika harga VCO jauh lebih mahal dibanding minyak kelapa biasa. Perbedaan lain terletak pada teksturnya, VCO memiliki tekstur encer, berwarna lebih bening dan masih memiliki aroma kelapa, sedangkan minyak kelapa sebaliknya.

Manfaat VCO untuk kesehatan

Kandungan asam lemak, vitamin E, serta mineral dalam VCO,menjadikan VCO memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat VCO dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsinya langsung. Berikut beragam manfaat VCO bagi kesehatan :

  • Menaikkan kadar kolestrol baik. VCO mampu meningkatkan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat yang mana sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya. Asam lemak baik dalam VCO yang berupa asam laurat mampu berubah menjadi monolaurin yang mampu membasmi patogen berbahaya dalam tubuh.
  • Menurunkan berat badan. VCO dipercaya dapat meningkatkan proses pembentukan energi dengan cara membakar kalori lebih banyak serta memberikan kesan kenyang kebih lama.
  • Baik untuk sistem pencernaan. VCO mampu mengatasi masalah sembelit, mengobati tukak lambung, iritasi pada usus, dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan.
  • Ketogenic diet. Saat Anda memutuskan menjalani diet keto (diet dengan konsumsi rendah karbohidrat dan tinggi lemak), Anda dapat menjadikan VCO sebagai salah satu asupan lemak.
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut. VCO dipercaya mampu membasmi bakteri di mulut yang menyebabkan gangguan mulut.

Manfaat VCO untuk kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, VCO juga diketahui bermanfaat bagi kecantikan. Tak heran, saat ini banyak produk kecantikan menggunakan VCO sebagai bahan utamanya. Untuk memperoleh manfaat VCO bagi kecantikan dapat dilakukan dengan mengaplikasikan VCO pada bagian tubuh yang diinginkan. Berikut ini ragam manfaat VCO untuk kecantikan yang sudah terbukti :

  • VCO mampu mengatasi kulit kering. Dengan cara menjaga dan meningkatkan tingkat kelembapan kulit,
  • Mencegah kulit iritas. VCO dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat atau mencegah timbulnya jerawat karena mengandung antibakteri.
  • Membantu regenerasi kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam VCO dapat membantu kulit cepat pulih dari kerusakan dan mencegah penuaan dini.
  • Meningkatkan kesehatan rambut. Dengan cara mengaplikasikan VCO sebagai masker rambut agar rambut terhindar dari kerusakan.

Nah, itulah sekilas tentang virgin coconut oil bukan sekedar minyak biasa. Untuk memperoleh manfaat VCO baik untuk kesehatan maupun kecantikan secara maksimal, sebaiknya gunakan VCO sesuai kebutuhan dan jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *