Blog

Tes Mudah Untuk Mengetahui Jenis Kulit

Secara umum jenis kulit terbagi menjadi 4 jenis yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Sudah tahukah kulit wajah Anda termasuk jenis apa? Jika belum, Anda wajib melakukan tes mudah untuk mengetahui jenis kulit. Memang terlihat sepele, namun mengetahui jenis kulit sangatlah penting. Saat kita sudah tahu jenis kulit yang kita miliki, akan sangat mudah bagi Anda untuk menentukan produk skincare yang tepat untuk digunakan. Berikut tes mudah untuk mengetahui jenis kulit yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain :

  • Pembersih wajah
  • Handuk untuk mengeringkan kulit wajah
  • Tisu

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu :

  • Bersihkan wajah seperti biasa menggunakan air suhu normal. Lalu biarkan wajah  mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk dengan handuk bersih. 
  • Setelah kulit kering jangan gunakan skin care apapun. Tunggulah sekitar 30 menit untuk melihat kondisi kulit nantinya.
  • Setelah 30 menit, tekan dengan perlahan seluruh wajah mulai dari T-zone (dahi, hidung, dagu), dan pipi menggunakan tisu. Kemudian lihat banyaknya minyak yang menempel. 

Lalu bagaimana menentukan jenis kulit kita?

  • Normal : kulit terasa lembab dan hanya sedikit minyak yang terserap.
  • Berminyak : jika pada tisu terlihat minyak dari seluruh area wajah.
  • Kering : tidak ada minyak pada wajah dan kulit terasa seperti tertarik. Kombinasi : minyak hanya muncul ketika Anda menepuk daerah T-Zone.

Itulah tes mudah untuk mengetahui jenis kulit. Untuk mengenal lebih dalam jenis kulit dan perawatan yang tepat, simak ulasan berikut.

Kulit wajah normal

Kulit wajah normal cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan kandungan minyak. Jadi tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak. Beruntungnya pemilik kulit wajah normal ialah jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, pori-pori hampir tak terlihat, serta terlihat bercahaya. Untuk perawatan kulit normal gunakanlah skin care khusus untuk kulit normal dan pilihlah sabun pembersih yang lembut.  

Kulit wajah berminyak

Kulit berminyak biasanya disebabkan karena produksi sebum atau zat minyak yang berasal dari lemak berlebih. Sebenarnya sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit. Namun, kelebihan sebum menyebabkan kulit jadi berminyak, pori-pori tersumbat dan dapat menimbulkan jerawat. Jenis kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, disertai komedo, jerawat, dan noda hitam. Faktor yang mempengaruhi tingginya produksi sebum adalah faktor genetik, perubahan hormon, atau stres.

Kulit wajah kering

Kulit wajah yang kering dikarenakan faktor kelembapan kulit terluar kurang. Akibatnya pada kulit akan terdapat retakan, serta terasa kering ketika disentuh. Kulit yang kering ditandai dengan pori-pori kulit yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit kasar dan kusam, serta kurang elastis. Permasalahan yang dihadapi orang berkulit kering biasanya mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi UV, air panas, kandungan bahan dalam kosmetik, pembersih, hingga obat-obatan.

Kulit wajah kombinasi

Kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Kulit kombinasi biasanya memiliki kulit berminyak yang terkonsentrasi di zona-T (dagu, hidung, dan dahi), sementara bagian pipi tetap kering. Faktor penyebabnya bisa jadi karena faktor genetik DNA masa puber, yakni ketika kelenjar minyak meningkatkan produksi sebum. Apa pun jenis kulit wajah Anda, selalu memberikan perawatan dan perlindungan yang optimal adalah yang paling penting. Seperti menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet serta menghindari paparan sinar matahari langsung. Anda juga perlu melakukan tes mudah untuk mengetahui jenis kulit Anda agar dapat menentukan jenis kosmetik yang tepat. 

Related Posts

2 thoughts on “Tes Mudah Untuk Mengetahui Jenis Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *