in

Serba-serbi : Tips Saat Liburan Bersama Bayi

Anda berencana liburan bersama bayi? Ketahui serba-seri yang harus dipersiapkan saat liburan bersama bayi.

Liburan menjadi hal yang diinginkan semua orang, terlebih bagi ibu yang baru saja melahirkan. Liburan dapat menjadi penghilang stres akan penatnya aktivitas sehari-hari. Tapi bagaimana jika kita mempunyai bayi? Tentu, bukan hal yang mustahil untuk kita liburan bersama bayi. Repot sudah pasti, tapi hal ini justru akan memberikan pengalaman tersendiri bagi orang tua. Anda berencana liburan bersama bayi? Ketahui serba-seri yang harus dipersiapkan saat liburan bersama bayi.

Kapan bayi aman untuk diajak liburan?

Banyak orangtua merasa khawatir membawa si kecil untuk jalan-jalan. Bahkan, di beberapa daerah ada yang melarang bayi dibawa keluar rumah sampai usia tertentu. Sebenarnya, tidak ada batasan yang kaku mengenai hal itu. Namun, ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan sebelum membawa bayi untuk jalan-jalan. Tapi akan lebih bijak bayi diajak liburan setelah usia dua bulan.

Kondisi yang perlu diperhatikan terutama adalah kesehatan anak, orang tua harus memastikan anak dalam kondisi medis yang benar-benar sehat. Terutama jika bayi masih berusia 0-1 tahun, sebaiknya hindari terlalu sering kontak dengan orang lain dan kerumunan orang. Karena bayi dalam rentang usia tersebut belum memiliki imunitas sesempurna orang dewasa. Jika diperlukan, orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter dan memastikan kondisi bayi sebelum berangkat liburan.

Supaya si kecil nyaman saat liburan, pastikan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan si kecil dalam kondisi tenang.
    Hindari mengajak bayi liburan saat ia sedang sakit atau sehabis imunisasi dan pastikan bayi dalam kondisi yang tenang.
  • Lindungi selalu tubuhnya.
    Pastikan bayi berpakaian dengan benar sesuai kebutuhannya saat berada di luar rumah. Jika udara sedang dingin, tutupi tangan, kaki, dan kepalanya. Sebaliknya, gunakan pakaian yang ringan ketika udara panas. Serta pastikan bayi tidak terpapar sinar matahari langsung.
  • Siapkan perlengkapannya.
    Saat orang tua memutuskan membawa bayi liburan, pastikan setiap perlengkapan yang dibutuhkan tersedia. Saat membawa bayi akan banyak sekali kondisi tak terduga, untuk itu orang tua perlu mengantisipasi segala keperluannya.

Tips liburan bersama bayi

Saat memutuskan liburan bersama bayi, orangtua sudah harus memikirkan segala kondisi yang mungkin saja terjadi. Agar liburan semakin menyenangkan dan tidak kerepotan, ikuti tips berikut.

a. Gunakan akomodasi yang ramah untuk bayi.

Orangtua harus jeli memilih akomodasi yang akan digunakan. Pastikan akomodasi tersebut ramah untuk bayi. Misal jika menggunakan pesawat, pilihlah tempat duduk yang menyediakan tempat untuk bayi tidur.

b. Pastikan segala perlengkapan.

Jika perlu orangtua dapat membuat daftar barang yang harus dibawa dan mengemasnya beberapa hari sebelum liburan. Karena biasanya tanpa daftar dan waktu packing yang mepet, membuat kita melupakan banyak barang. Jangan lupa untuk double cek sebelum berangkat.

c. Pack smart.

Biasanya ibu hanya akan berfokus pada keperluan bayi. Hingga akhirnya keperluan sendiri banyak yang terlupakan. Jangan sampai hal ini jadi merusak suasana liburan, karena liburan yang sempurna berawal dari ibu yang bahagia.

d. Simpan nomer darurat.

Banyak hal tak terduga dapat terjadi selama liburan, pastikan orang tua mengantisipasinya dengan menyimpan nomer darurat. Seperti nomer dokter atau layanan kesehatan untuk anak, daftar nomer rumah sakit di kota tujuan, atau nomer transportasi online yang dapat terjangkau dengan mudah.

e. Bijak memilih destinasi wisata.

Usahakan memilih destinasi wisata sesuai dengan kondisi cuaca, bila suasana kurang bersahabat sebaiknya kunjungi tempat yang tidak terlalu terbuka.

f. Percaya insting sendiri.

Usahakan saat mengunjungi suatu tempat berdasarkan insting sendiri. Maksudnya jika orang tua merasa nyaman, bisa dipastikan bayi juga akan nyaman atau sebaliknya.

g. Jangan terlalu membawa banyak barang.

Kebutuhan traveling bersama bayi memanglah sangat banyak. Namun, cobalah untuk memilah barang-barang yang memang diperlukan, dan kemas secara praktis agar mudah dibawa dan diambil. Hal ini akan sedikit mengurangi kerepotan ibu.

h. Kerjasama pasangan.

Kerjasama dengan pasangan saat liburan bersama bayi sangat penting. Jangan sampai tugas mengurus anak hanya terbebankan pada istri. Sebaiknya segala sesuatunya dikerjakan bersama, jika perlu bikin pembagian tugas.

Perlengkapan yang harus dipersiapkan

Mengajak bayi dalam perjalanan jauh membutuhkan persiapan yang matang demi kenyamanan si kecil. Salah satu hal paling penting adalah perlengkapan si kecil. Berikut ini daftar perlengkapan yang harus dipersiapkan saat memutuskan liburan bersama bayi.

1. Pakaian bayi dan selimut.

Hitung jumlah kebutuhan pakaian bayi sesuai dengan lamanya perjalanan. Pakaian yang diperlukan seperti piyama, singlet/ kaos dalam, jaket, topi, kaos kaki, selimut, celana. Jika memungkinkan bawalah satu atau dua pakaian ekstra. Pastikan memilih pakaian yang nyaman untuk bayi. Tempatkan pakaian si kecil dalam tempat terpisah yang mudah dijangkau.

2. Perlengkapan mandi.

Kulit bayi yang sensitif memerlukan perlengkapan mandi khusus. Perlengkapan yang diperlukan seperti sabun 2in1, minyak telon, cotton bud, kapas, dan baby lotion. Siapkan juga sebotol deterjen kecil baju bayi untuk berjaga-jaga.

3. Popok bayi.

Hitung jumlah popok bayi sesuai yang dibutuhkan, sebaiknya siapkan tambahan 2 atau 4 popok untuk cadangan.

4. Perlengkapan menyusui.

Bagi bayi yang masih ASI, sebaiknya siapkan nursing apron atau cover menyusui agar ibu dapat menyusui bayi dimana saja dengan nyaman. Sedangkan bagi bayi yang minum susu formula, siapkan beberapa buah botol susu yang sudah dibersihkan bersama beberapa porsi formula dan juga termos air panas.

5. Obat­-obatan.

Sangat penting membawa obat-obatan yang mungkin saja diperlukan oleh bayi. Obat umum yang perlu dibawa diantaranya obat penurun panas, antiseptik, termometer, serta krim ruam popok.

6. Stroller atau gendongan.

Mengunjungi tempat wisata akan jauh lebih nyaman jika membawa stroller atau gendongan. Si kecil dapat istirahat dengan nyaman di stroller atau di pelukan orang tua tanpa perlu repot-repot berpindah tangan.

Destinasi tempat wisata yang cocok

Salah satu tips agar liburan bersama bayi menjadi nyaman dan menyenangkan yaitu bijak dalam memilih destinasi wisata bagi si kecil. Nah, berikut ini rekomendasi destinasi yang dapat dikunjungi bersama si kecil.

  • Pantai.
    Pantai menjadi tempat yang cocok untuk bayi karena dinilai memiliki banyak manfaat. Seperti tempatnya yang luas akan membuat bayi mengeksplore banyak hal, selain itu bayi juga dapat mengenal alam dengan bebas. Selain itu, udara dan matahari pantai yang intensitasnya yang banyak juga baik untuk bayi.
  • Waterpark.
    Banyak kegiatan yang dapat dilakukan antara orang tua dan bayi di waterpark, salah satunya adalah berenang. Berenang bersama dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan si kecil. Pastikan bayi dalam kondisi aman dan nyaman saat hendak mengunjungi waterpark.
  • Kebun binatang.
    Kebun binatang menjadi tempat yang cocok untuk mengenalkan si kecil dengan hewan-hewan. Selain itu, dengan pergi ke kebun binatang dapat melatih anak menghindari rasa takut dengan hewan dengan berinteraksi langsung.
  • Edupark.
    Bayi pada usia awal memiliki kemampuan merekam informasi secara bawah sadar. Edupark menjadi tempat yang cocok untuk mengenalkan banyak hal pada si kecil.
  • Taman bunga.
    Di taman bunga orang tua dapat mengenalkan si kecil dengan beraneka ragam jenis bunga yang ada, selain itu orang tua dapat mengenalkan macam-macam warna. Saat berada di taman bunga, indera penciuman bayi juga akan bekerja mengenali beda wangi bunga yang satu dengan yang lain.
  • Wisata alam terbuka.
    Mengajak si kecil ke alam terbuka menawarkan banyak hal seperti udara yang bersih dan segar serta suasana lingkungan yang alami. Wisata ke alam terbuka dapat digunakan untuk mengenalkan si kecil pada lingkungan dan alamnya. Pastikan orang tua tidak kehilangan fokus saat berada di alam terbuka.
  • Playground.
    Berkunjung ke playground dapat melatih motorik dan sensorik bayi, selain itu si kecil juga dapat berinteraksi dengan anak seusianya. Saat berada di playgroud, bayi juga dapat melatih kreatifitas dan imajinasinya, rasa percaya dirinya pun juga akan terlatih.
  • Taman kota.
    Di taman kota biasanya akan terdapat banyak pohon yang teduh sehingga memberikan udara segar yang baik untuk si kecil. Taman kota juga menjadi alternative wisata yang mudah untuk menghilangkan kebosanan si kecil.

Itulah serba-serbi yang perlu dipersiapkan saat liburan bersama bayi. Agar liburan semakin menyenangkan, pastikan orang tua dan bayi dalam kondisi baik. Sebaiknya, orang tua juga tidak hilang fokus pada si kecil untuk menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan.

Dampak Terhadap Anak, Jika Orangtua Sering Main Gadget

20 Cara Mendidik Anak Dengan Benar Dan Bijak