Blog

Mengenal Penyebab Bau Badan

Bau badan atau dikenal dengan istilah BB menjadi masalah hampir semua orang. Banyak dari kita mengira bahwa BB sama dengan bau keringat. Padahal, sebenarnya keringat manusia tidak berbau. Lalu apa yang menyebabkan bau badan? Mari kita mengenal penyebab bau badan pada tubuh kita.

Bau badan atau keringat pada tubuh kita muncul saat bakteri-bakteri alami pada permukaan kulit memakan keringat kita dan melepaskan bau badan. Area tubuh yang paling rentan mengeluarkan bau badan adalah ketiak, karena kondisinya hangat dan lembab yang menyebabkan bakteri mudah berkembang. Pada kondisi yang lembab tersebut juga dapat menyebabkan keringat terperangkap, sehingga lebih rentan melepaskan bau tak sedap.

Secara ilmiah, bau badan disebabkan oleh bakteri jahat pada tubuh. Kondisi ketiak yang lembab menyebakan bakteri semakin mudah berkembang biak. Adanya interaksi antara keringat dengan bakteri itulah yang menyebabkan bakteri memproduksi senyawa dengan aroma menyengat bernama Thioalcohols. Senyawa inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh dan ketiak.

Selain faktor ilmiah yang telah dijelaskan tersebut, masalah bau badan juga dipicu oleh kebiasaan kita sehari-hari. Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan bau badan menjadi tak sedap antara lain :

  • Terlalu banyak merokok. Asap dan aroma rokok baisanya akan menempel pada baju dan badan, hal ini memicu timbulnya bau pada ketiak.
  • Konsumsi alkohol. Alkohol memiliki bau yang sangat menyengat yang dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Semakin sering seseorang mengkonsumsi alkohol, akan semakin tak sedap bau badannya.
  • Konsumsi makanan berbau menyengat. Beberapa makanan berbau menyengat seperti bawang-bawangan, rempah-rempah dan fast food dapat mempengaruhi bau badan.
  • Berat badan berlebih. Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki cadangan lemak yang banyak, bila tidak diimbangi dengan olahraga hal ini dapat memicu bau badan tak sedap.
  • Terlalu stres. Orang yang terlalu stres tubuhnya tidak dapat bekerja dengan baik dan stabil, apabila stres berkepanjangan dapat meningkatkan resiko bau badan dan ketiak.

Untuk mengatasi bau badan tak sedap, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini :

  • Memperhatikan kesehatan usus dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Memilih sabun mandi yang tepat.
  • Olahraga teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant yang dapat mengurangi bau ketiak sekaligus mencegah keringat berlebih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat menggunakan Deodorant Spray SR12. Deodorant Spray SR12 diformulasikan khusus untuk mengatasi bau badan dan ketiak. Ekstra kandungan kapur sirih yang mampu membunuh bakteri penyebab bau badan; pothasalum yang mampu mengontrol produksi keringat berlebih; serta kandungan jeruk nipis yang mampu menjaga kesegaran dan membantu mencerahkan kulit ketiak. Dapatkan Deodorant Spray SR12 disini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *