Blog

Mau kulit sehat dan lembap alami? Coba terapi air putih !

Mau kulit sehat dan lembap alami? Terapi air putih solusinya. Air putih menjadi kebutuhan penting untuk keberlangsungan metabolisme tubuh dan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Supply air yang cukup dapat membantu menjaga kesegaran dan kebugaran jasmani tubuh kita. Namun ternyata minum air putih juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit.

Mengapa air putih penting?

Air putih menjadi salah satu minuman yang sangat bagus dan bermanfaat untuk kebutuhan dan kesehatan tubuh. Hampir 70% bagian tubuh kita berbentuk cairan. Artinya, untuk dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik, jaringan dan organ tubuh kita memerlukan cairan yang memadai. Oleh karena itu, kita membutuhkan supply air yang cukup, sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Pakar makanan terkemuka asal Amerika Serikat, Jones, menyatakan bahwa kebutuhan tubuh akan air putih tidak dapat tergantikan oleh minuman-minuman modern seperti kopi, teh, atau cola. Air putih mempunyai manfaat yang tidak dapat diberikan oleh minuman-minuman tersebut. 

Kandungan dalam air putih

Dokter Spesialis Gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Sukmaniah, (2011), menyatakan bahwa dalam air putih atau air mineral terkandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Ada zat fluorida yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Ada natrium yang merupakan zat baik untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh. Ada pula kalsium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain seperti silika dan zinc yang baik untuk kesehatan kulit serta imunitas tubuh. Masing-masing zat tersebut dalam jumlah yang sangat bervaiatif.

Manfaat air putih untuk kulit

Bila kita minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit. Sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, hingga rentan mengalami kerutan. Menurut seorang direktur The Few Institute dan dosen klinik operasi plastik di Universitas Chicago, saat kulit terhidasi dengan baik, padat, dan elastis akan mampu mengurangi masuknya partikel-partikel asing yang dapat menyebabkan iritasi dan flek hitam. 

Saat kulit mendapat asupan air yang cukup, secara otomatis elastisitas kulit akan terjaga, sehingga mampu menunda penuan kulit, keriput, dan kerutan. Oleh karena itu, air memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit. Termasuk menjaga kelembapan kulit dan menutrisi sel-sel kulit. Berikut ini beragam manfaat air putih untuk kulit. 

  • Menjadikan kulit bercahaya. Meminum air putih yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun menjadi lebih efisien sehingga menjadikan kulit lebih fresh dan tampak bercahaya.
  • Menjaga kelembapan kulit. Saat kulit memiliki asupan cairan yang cukup maka kulit akan terhindar dari masalah kering, kerutan, dan keriput.
  • Menghambat penuaan dini. Air putih mampu menghambat penuaan dini dengan cara menjaga elastisitas dan kelenturan kulit secara alami.
  • Memulihkan kulit dari sunburn. Kulit yang terbakar sinar matahari dapat pulih dengan sendirinya dengan asupan air putih yang cukup.
  • Membantu mengurangi jerawat. Memadukan air putih dengan perasan buah lemon dan meminumnya di pagi hari mampu menjadi obat penawar jerawat yang alami.

Terapi air putih untuk kelembapan kulit

Berikut ini beberapa cara terapi air putih yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit :

  • Minum di pagi hari. Saat Anda bangun pagi, hendaklah minum kurang lebih 600-800 mL atau 5-6 gelas air putih dalam keadaan perut masih kosong. Sebaiknya minum air pada suhu kamar atau suam-suam kuku.
  • Minum sebelum berkumur. Meminum air putih ini harus dilakukan sebelum berkumur, karena ludah yang mengendap di mulut semalaman mengandung enzim dan anti biotik alami yang diperlukan tubuh.
  • Jangan makan setelah 45 menit. Setelah minum air sebaiknya jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada air putih untuk membersihkan usus halus.
  • Jeda dua jam setiap waktu makan. Misalnya, setelah 15 menit sarapan, makan siang, dan makan malam, jangan makan atau minum apapun selama dua jam berikutnya.
  • Beri jeda istirahat saat minum. Ada sebagian orang yang mampu minum empat gelas air putih sekaligus, bagi Anda yang tidak sanggup, istirahatlah selama beberapa menit di antara setiap minum segelas air.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *