Blog

Ketahui Penyebab Jerawat Yang Wajib Dihindari

Jerawat menjadi masalah klasik bagi semua orang, terutama untuk kaum hawa. Jerawat bisa menyerang siapa saja. Tentunya sangat tidak nyaman saat wajah timbul jerawat. Untuk itu Anda perlu mengetahui penyebab jerawat yang wajib dihindari. 

Bagaimana munculnya jerawat?

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering kali muncul dan sangat mengganggu penampilan. Bisa dikatakan hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami masalah timbulnya jerawat. Jerawat timbul saat pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal yang merangsang produksi kelenjar minyak pada kulit. Perubahan hormonal itu seperti menjelang masa menstruasi, kehamilan, konsumsi obat-obatan, dan juga stres. 

Apa saja tipe-tipe jerawat?

Berikut ini tipe-tipe jerawat yang belum banyak diketahui :

  • Komedo. Tidak banyak yang tahu bahwa komedo merupakan jerawat. Komedo terjadi karena pori-pori yang tersumbat, terbuka, atau tertutup karena sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo pori terbuka disebut blackhead yang terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo pori tertutup disebut whitehead yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat menonjol dan berwarna putih. 
  • Jerawat batu atau Cysticacne. Jerawat batu ini nampak besar-besar, dengan peradangan yang hebat, dan menyebar di seluruh muka. Jerawat ini biasanya juga dipengaruhi oleh faktor genetik seperti adanya kelenjar minyak yang terlalu aktif memenuhi pori-pori kulit; pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal serta penderitanya memiliki respon berlebih terhadap peradangan kulit.
  • Jerawat biasa. Jerawat batu berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Disebabkan karena pori-pori yang tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri yang tumbuh di saluran kelenjar yang tersumbat. Bakteri ini dapat berasal dari bermacam-macam alat-alat yang kita gunakan sehari-hari.  

Apa saja penyebab munculnya jerawat?

Tanpa kita sadari banyak sekali penyebab timbulnya jerawat mulai dari aktivitas hingga penggunaan barang maupun produk sehari-hari. Berikut ini penyebab jerawat yang wajib dihindari :

  • Kosmetik. Penyumbatan pori-pori kulit sering kali disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang banyak mengandung minyak. Seperti penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation karena bedak jenis tersebut mudah menyumbat pori. Sisa kosmetik yang tidak dibersihkan tuntas juga mampu menyumbat pori-pori kulit wajah.
  • Obat-obatan. Konsumsi obat-obatan tertentu mampu memicu hormon penyebab timbulnya jerawat. Salah satunya adalah obat kortikosteroid yang mampu menyebabkan daya tahan tubuh menurun, juga mampu meningkatkan aktivitas bakteri patogen penyebab jewarat.
  • Handphone. Handphone saat ini menjadi kebutuhan pokok yang wajib ada di setiap aktivitas. Secara penampakan handphone terlihat bersih dan aman untuk kulit. Namun faktanya, permukaan handphone bisa menjadi media untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya kita dapat membersihkan permukaan handphone secara rutin menggunakan alkohol. Hindari juga menempelkan langsung handphone di pipi saat menelfon.
  • Stres. Saat kita merasa stres secara tidak langsung memicu perkembangan hormon penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, saat stres kita akan cenderung memiliki pola makan yang tidak teratur, seperti konsumsi makanan berlemak. 
  • Produksi minyak berlebih. Penyebab jerawat paling umum adalah masalah hormonal, tumpukan minyak atau sebum di kulit yang berkolaborasi dengan bakteri. Jerawat akan tumbuh akibat produksi kelenjar minyak berlebihan yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
  • Bakteri. Bakteri biasa ada di kulit dan cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat kemudian menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi kulit. kelenjar tersebut kemudian membengkak, pecah, dan menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya, dan timbullah jerawat yang sangat mengganggu. Sel-sel kulit mati yang bercampur dengan debu dan kotoran lainnya kemudian bercampur dengan kelenjar minyak berlebih dapat menjadi tempat yang baik untuk tumbuhnya jerawat. Untuk itu, membersihkan muka secara rutin sangat dianjurkan agar kulit wajah kita bebas jerawat.

Cara mengatasi jerawat

Jerawat dapat diatasi dengan menggunakan produk atau bahan yang sesuai dengan karakter kulit. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan pola hidup sehat agar wajah bebas terhindar dari jerawat membandel. Saat Anda menerapkan pola hidup sehat, maka metabolisme dan proses ekskresi tubuh akan berjalan dengan baik. Berikut pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan :

  • Minum air putih secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih.
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan kaya gizi dan nutrisi.
  • Kelola stres dan berusaha merilekskan diri.
  • Cuci muka dengan menggunakan air bersih.
  • Cuci muka dengan sabun khusus yang cocok untuk kulit Anda 2 kali sehari. Jangan terlalu sering sebab dapat menghilangkan kelembapan kulit.
  • Menghindari makanan yang banyak mengandung gula dan iodin tinggi.
  • Rajin berolahraga.
  • Menjaga kebersihan handuk, bantal, atau juga helmet. 
  • Facial wajah secara rutin dan menggunakan produk facial yang aman dan telah tersertifikasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *