Blog

Kenali Macam Produk Kosmetik untuk Perawatan Kulit

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan pengetahuan kosmetologi, kita dapat merawat kulit dengan berbagai macam produk kosmetik. Saat ini telah banyak beredar produk-produk untuk perawatan tubuh dan kulit, baik tradisional maupun modern. Saatnya Anda mengenali macam produk kosmetik untuk perawatan kulit.

Saat ini kita tidak perlu khawatir, karena berbagai masalah kulit yang kita alami telah ada solusinya. Banyak sekali tersedia produk-produk kosmetik yang ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Tinggal kita memastikan kesesuaian produk yang kita pilih dengan masalah kulit yang kita hadapi.

Tujuan perawatan kulit

Berapakah usia Anda saat ini? Perubahan kulit apa yang Anda rasakan? Sudah menjadi hukum alam, semakin bertambahnya usia kulit mengalami penurunan kualitas. Tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat seperti munculnya kerutan, keriput, garis halus, maupun flek hitam. Hal ini dikarenakan produksi kolagen dan elastin kulit mulai mengalami penurunan.

Bisakah kita menjaga kulit tetap bagus dan awet muda? Tentu saja. Banyak cara dapat kita lakukan untuk menunda proses penuaan kulit yaitu dengan perawatan wajah sejak dini. Sebelum memutuskan jenis perawatan, pastikan kenali jenis kulit Anda. Perawatan sesuai jenis kulit akan memberikan hasil yang maksimal. Tinggal Anda memutuskan memilih jenis produk tradisional atau produk modern. 

Tidak sedikit pula yang saat ini memutuskan untuk beralih menggunakan produk tradisional atau herbal, dengan pertimbangan keamanan. Namun, baik produk herbal maupun modern semuanya memilki tujuan yang sama. Umumnya, tujuan perawatan kulit yaitu untuk mempertahankan, meningkatkan kesehatan dan fungsi kulit, serta memperindah tampilan kulit. 

Perawatan kulit yang baik dan benar serta dilakukan secara rutin akan memberikan hasil seperti kulit wajah telihat bersih, sirkulasi darah lancar, otot wajah terpelihara, jaringan urat menjadi kuat, mencegah timbulnya gangguan dan penyakit kulit, serta kulit akan nampak awet muda. Selain itu, tampilan kulit akan menjadi terasa nyaman, lembut, bersih, halus, lembab, dan bersinar.

Ketahui diagnosis kulit muka

Sebelum melakukan perawatan kulit, Anda harus mampu mendiagnosis kondisi kulit. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengikuti treatment-treatment tertentu atau dengan berkonsultasi pada pakar kecantikan kulit. Diagnosis ini penting dilakukan dengan tujuan :

  • Mengetahui jenis kulit muka
  • Mengetahui berbagai kelainan pada kulit muka
  • Menentukan tindakan perawatan dan pengobatan
  • Penentuan jenis kosmetik perawatan yang sesuai

Untuk itu aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mendiagnosis kondisi kulit muka yaitu :

  • Jenis kulit. Jenis kulit dapat dikelompokkan menjadi kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kombinasi.
  • Pori-pori. Nampak atau tidaknya pori-pori tergantung jenis kulit masing-masing. Biasanya jenis kulit kering memiliki pori yang tak terlihat berbeda dengan jenis kulit berminyak yang cenderung memiliki pori besar.
  • Tonus dan turgor. Penentuan tonus dan turgor ini dilakukan dengan cara mencubit kulit pipi (turgor) dan menekan kulit pipi di bawah tulang pipi (tonus), untuk mengetahui tergolong kendor atau kuat.
  • Lipatan dan garis-garis kulit. Kulit muka dan leher biasa mengalami pembentukan lipatan dan garis-garis kulit berupa kerutan. Kerutan ini di bagian sekitar mata, antar alis, lipatan hidung, dan bagian bibir. Sedangkan kerutan akibat faktor usia terjadi pada bagian kening, leher, dan sekitar mulut.
  • Kelainan kulit. Kelainan kulit yang umum terjadi biasanya karena gangguan pigmentasi, gangguan fungsi kelenjar minyak, gangguan pertandukan kulit atau keratinisasi, penuaan dini, infeksi jamur, serta gangguan peredaran darah.

Macam produk kosmetik untuk perawatan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang bagus, Anda perlu menggunakan serangkaian produk perawatan. Tidak hanya cukup dengan sabun, untuk dapat menjaga kelembaban kulit dan tetap mulus, Anda perlu menambahkan penggunaan cream ataupun minyak tertentu.

Berikut ini daftar produk kosmetik untuk perawatan badan dan wajah baik secara modern atau tradisional :

  • Lotion ini merupakan pelembab ringan/ moisturizer untuk menjaga kehalusan dan kelembaban kulit yang dapat digunakan sepanjang hari. Biasanya untuk jenis kulit normal hingga kering, normal hingga berminyak disarankan menggunakan jenis milky lotion. 
  • Krim pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembaban, kehalusan, kelenturan, dan kelembaban kulit wajah. Krim ini dapat digunakan sepanjang hari sebagai fondation untuk melindungi dan mencegah kulit kering dan berkerut karena sengatan matahari.
  • Pelembab untuk perawatan wajah pada malam hari, biasanya mengandung lemak lebih banyak dan berfungsi sebagai pelicin dan membantu menahan persediaan air.
  • Lotion pelembab untuk melembutkan dan menghaluskan kulit tubuh dan tangan.
  • Lotion untuk mengatasi kulit dari sengatan sinar matahari. Karena sengatan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kulit menjadi suram kecoklatan, kering, dan mempercepat penuaan.
  • Krim pelembab khusus untuk tangan dan jari-jari tangan yang berfungsi melembabkan, melemaskan, dan melindungi kulit tangan dari bahan atau obat pencuci yang bisa menyebabkan tangan menjadi kasar.
  • Krim yang berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan bagian kaki yang kasar, seperti tumit, telapak kaki, dan sela-sela jari kaki.
  • Pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembutan bibir dan memberi kesan menyegarkan.
  • Pelembab yang berfungsi untuk mencegah pecah-pecah dan kulit bibir mengelupas.

Itulah berbagai ulasan tentang macam produk kosmetik untuk perawatan kulit yang perlu Anda perhatikan. Pastinya selain menggunakan berbagai macam produk kosmetik, Anda tetap perlu menjaga kebersihan, kesehatan, dan kesegaran kulit. Karena dengan pola kebiasaan hidup yang baik dan sehat adalah kunci utama menjaga keindahan kulit kita. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *