in

Kegiatan Alternatif Pengganti Gadget Untuk Si Kecil

Banyak Ibu mengaku kesulitan melarang anak-anaknya bermain Gadget. Berikut beberapa kegiatan alternatif pengganti gadget untuk si kecil

Memang tidaklah mudah memisahkan gadget dari anak-anak di masa sekarang. Banyak sekali hal menarik yang bisa disaksikan anak melalui gadget. Bisa jadi saat Anda mencoba mengambil gadget darinya, si kecil akan tantrum. Tapi bukan berarti Anda dapat membiarkan si kecil bermain gadget sesukanya, hal itu tentu saja dapat menimbulkan ketergantungan atau dampak negatif lainnya. Untuk itu, cobalah alihkan perhatian si kecil dengan memberikan alternatif permainan sederhana pengganti gadget. Berikut beberapa kegiatan alternatif pengganti gadget untuk si kecil.

Bagaimana jika anak sudah ketergantungan dengan gadget?

Keberadaan gadget saat ini bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi ketajamannya mampu memberikan kemudahan dan solusi. Di sisi lain, dengan pola yang salah dapat memberikan masalah. Untuk itu, peran orangtua mendampingi si kecil dalam menggunakan gadget sangatlah penting. Lalu, bagaimana jika anak sudah ketergantungan dengan gadget? Disinilah orangtua dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin mengurangi ketergantungan tersebut. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengatasi ketergantungan anak pada gadget.

a. Keterlibatan orangtua sangat penting

Seharusnya waktu anak-anak selayaknya dihabiskan dan diarahkan untuk melakukan banyak kegiatan nyata bukan maya. Bukan berarti anak harus steril dari gadget sama sekali. Boleh saja anak bermain gadget, asal tidak sepanjang hari dan tidak selama berjam-jam. Untuk itu orangtua perlu mengalikan anak-anak dari gadget, tentunya dengan pertimbangan yang bijak dan tidak egois. Yaitu dengan cara yang membuat anak nyaman dan tidak ketinggalan zaman.

Anda dapat memulai dengan mencari tahu hal apa yang paling menarik untuk dilakukan selain bermain gadget pada anak. Biasanya akan banyak anak merasa hal paling menarik bagi mereka adalah melakukan kegiatan bersama orangtua. Jika Anda sudah mengetahui ketertarikan anak, tinggal Anda menentukan kegiatan dan cara menarik untuk mengalihkan anak dari gadget.

b. Buat kesepakatan waktu penggunaan gadget

Secara perlahan cobalah untuk berdiskusi dan bernegosiasi dengan anak mengenai waktu penggunaan gadget. Buatlah anak tidak merasa keberatan dengan kesepakatan tersebut. bila perlu buatlah kesepakatan secara tertulis dan bersanksi jika anak melanggarnya. Di awal tentu akan terasa berat bagi anak, tapi setelah terbiasa akan membuat anak menjadi lebih disiplin dan mampu menggunakan gadget secara bijak.

c. Mencoba beragam aktivitas pengalihan

Setelah kesepakatan waktu penggunaan gadget, tantangan selanjutnya adalah melatih anak konsisten menerapkannya. Anak harus dilatih untuk bertanggung jawab terhadap apa yang sudah ia sepakati. Namun, sebagai orangtua Anda perlu menunjukkan kepedulian yang penuh. Orangtua dituntut terlibat di waktu gadget dialihkan dari genggaman anak. Anda dapat mencari beragam kegiatan untuk mengalihkan anak-anak dari gadget.

d. Mengganti gadget dengan buku, blok, atau mainan edukatif lainnya

Belajar dengan menggunakan media digital memanglah sangat bagus, tetapi sebagai orangtua kita perlu mengimbanginya dengan belajar menggunakan media buku cerita bergambar atau blok. Buku, blok, atau mainan edukatif lainnya diketahui dapat merangsang kemampuan bahasa, kemampuan motorik dan daya imajinasi anak. Selain dengan media buku, dapat pula diterapkan kegiatan-kegiatan lain yang dapat mengajak anak untuk lebih aktif.

e. Sediakan zona bebas media digital

Untuk mengalihkan anak dari ketergantungan gadget, cobalah untuk menyediakan zona bebas media digital di rumah Anda. Zona tersebut dapat dijadikan tempat bermain dan belajar untuk anak. Lakukan interaksi bersama si kecil di zona bebas media digital, seperti permainan boneka, mobil-mobilan, menggambar, membaca buku, atau aktivitas lain yang menarik minat si kecil. Buat kegiatan semenarik dan senyaman mungkin bagi si kecil di zona ini.

Kegiatan alternatif pengganti gadget

Berikut ini beberapa kegiatan alternatif yang dapat mengalihkan perhatian si kecil dari gadget :

a. Olahraga dan aktivitas di luar rumah

Cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga bersama anak seperti jogging, jalan santai, senam pagi, atau berenang bersama. Olahraga permainan seperti bulutangkis, sepakbola, atau basket juga perlu Anda coba di lain kesempatan. Usahakan memilih tempat yang menarik dan nyaman, sehingga anak juga happy. Aktivitas di luar  rumah juga dapat dicob seperti jalan-jalan sore, bersepeda, atau bermain di taman/playground. Kegiatan-kegiatan tersebut selain menyehatkan juga akan mampu menciptakan kebersamaan keluarga. Atau mungkin saja keluarga Anda mempunyai kegiatan favorit, sah-sah saja untuk diterapkan.

b. Musik atau olah vokal

Musik dan olah vokal dapat menjadi alternatif pilihan yang tidak kalah seru. Anak-anak biasanya suka dengan menyanyi dan pertunjukkan seni. Saat sedang berkumpul keluarga, mintalah anak-anak untuk melakukan pertunjukkan seni sederhana. Walaupun tak jarang pertunjukkan tersebut akan berakhir rusuh, tak apa, asalkan anak dapat mengekspresikan diri dan mengeluarkan semua emosinya. Bernyanyi dan bermusik dapat menjadi alternatif untuk mentransfer emosi negatif menjadi emosi yang positif bagi anak. Orangtua hanya perlu mendengarkan, mendampingi, dan mengapresiasinya.

c. Berkreasi bersama

Berkreasi dan mengeksplorasi diri dapat menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu anak. Orangtua dapat megarahkan anak-anak untuk berkreasi dengan barang-barang bekas yang ada di sekitar mereka. Biarkan anak-anak berkreasi dan berimajinasi menghasilkan karya tanpa batas. Rumah Anda mungkin akan menjadi sedikit kacau, tetapi yakinlah kreativitas anak akan berkembang dengan cara ini.

d. Berwisata atau berkemah

Mendekatkan diri dengan alam dapat menjadi pilihan bijak agar anak teralih dari gadget. Berwisata menikmati keindahan alam seperti pedesaan, pegunungan, air terjun, atau pantai akan membuat anak mengenal lingkungan lebih dekat lagi sekaligus mendekatkan mereka kepada Sang Pencipta. Sesekali waktu Anda juga dapat mengajak anak untuk berkemah di alam terbuka. Kegiatan ini akan melatih anak untuk survive dan menuntut anak untuk selalu menjaga kesehatan, karena bersatu dengan alam membutuhkan fisik yang kuat.

e. Berkesenian (melukis, menggambar, mewarnai)

Melukis, menggambar, atau mewarnai dapat menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak. Kegiatan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan peralatan sederhana, kegiatan berkesenian ini akan menjadi seru dan menyenangkan. Orangtua dapat menyediakan beragam media lukis atau gamabr seperti kanvas, tas kain, topi, kertas, kaos, atau media-media lainnya. Mewarnai dengan spidol, cat air, cat akrilik, atau pensil warna juga akan memberikan pengalaman tersendiri buat anak. Biarkan anak-anak merasakan kepuasan mencampur warna sesuai keinginan mereka.

f. Aktivitas rumah bersama

Aktivitas rumah bersama seperti bersih-bersih rumah bersama, memasak bersama, atau yang lainnya juga dapat menjadi pilihan cerdas mengalihkan anak-anak dari gadget. Kegiatan ini akan membuat anak peduli terhadap kebersihan rumah sekaligus mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab membantu menjaga kebersihan rumah. Walaupun terasa sederhana kegiatan tersebut akan menjadi menyenangkan dan berkesan jika dilakukan bersama-sama.

Sebaiknya bimbing dan awasi anak sejak dini, jika memang Anda sebagai orangtua memutuskan memberikan akses gadget bagi anak. Jika anak terlanjur ketergantungan, Anda perlu usaha dan kesabaran ekstra untuk mengalihkan gadget dari anak sebelum terlambat. Perkembangan anak sangat tergantung pada pola asuh orangtuanya.

Kenali Tanda Anak Kecanduan Gadget

Dampak Terhadap Anak, Jika Orangtua Sering Main Gadget