in

Apa Saja Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Tumbuh Kembang Anak?

Pemenuhan nutrisi yang optimal selama masa 1000 hari pertumbuhan memiliki peranan penting. Periode 1000 hari pertama sering disebut periode emas (golden period) yaitu masa sejak anak dalam kandungan sampai anak berusia dua tahun.

Nutrisi merupakan kebutuhan penting dalam membantu tumbuh kembang anak. Nutrisi bermanfaat membantu proses perkembangan anak, serta mencegah terjadinya berbagai penyakit. Jadi, meskipun anak diberi makan tiga kali sehari, belum tentu ia akan selalu sehat. Karena bisa jadi makanan yang dilahapnya tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan dan cukup untuk membantu tumbuh kembang. Untuk itu, orangtua perlu memastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi dengan menyediakan makanan yang sehat. Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak?

Konsep nutrisi

Tubuh memerlukan nutrisi untuk kegiatan kelangsungan hidup. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah nutrien yang terdapat dalam makanan karena mengandung nutrien esensial bagi kelangsungan metabolisme tubuh.

Secara pengertian nutrisi merupakan proses pengambilan dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Proses pengambilan gizi ada tiga tahap, yaitu tahap memasukkan makanan ke dalam tubuh, tahap pemecahan makanan menjadi unsur gizi, dan tahap pendistribusian zat gizi ke seluruh tubuh. Jadi nutrisi bermanfaat untuk membentuk energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal setiap organ.

Nutrisi yang diperlukan tubuh

Berikut ini beberapa macam nutrisi yang diperlukan tubuh anak untuk pertumbuhan dan perkembangan :

a. Kalsium

Kalsium sangat penting bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar kuat, menjaga fungsi otot dan saraf agar tetap sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Asupan kalsium dapat diperoleh dari susu, ikan, dan keju.

b. Protein

Protein merupakan komponen dasar sel dan dibutuhkan untuk pertumbuhan, penggantian dan perbaikan sel. Fungsi protein yaitu untuk pertumbuhan dan pemeliharaan, untuk pembentukan ikatan-ikatan esensial tubuh, untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh, untuk memelihara netralitas tubuh, serta pembentukan antibodi.

c. Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber energi, sumber asam lemak esensial, alat pengangkat vitamin yang larut dalam lemak, memberikan rasa kenyang dan kelezatan, menjaga suhu tubuh, serta melindungi organ tubuh. Lemak yang paling dibutuhkan untuk anak adalah asam lemak esensial, yang bermanfaat untuk membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh menyerap nutrisi. Asam lemak esensial yang baik untuk anak dapat diperoleh dari telur, ikan tuna, atau kacang-kacangan.

d. Zat besi

Zat besi berperan dalam produksi hemoglobin atau pigmen merah pembawa oksigen dalam darah dan mioglobin atau pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot. Anda dapat memberikan asupan zat besi melalui daging, kuning telur, dan ikan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan terjadinya anemia.

e. Magnesium

Magnesium termasuk dalam mineral yang sangat penting untuk pemeliharaan fungsi tubuh. Manfaat magnesium yaitu untuk menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga fungsi otot dan saraf. Sumber asupan magnesium dapat diperoleh dari buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan, dan sayuran.

f. Kalium

Kalium merupakan zat gizi yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Kalium juga mampu membantu fungsi otot dan irama jantung, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi resiko batu ginjal. Asupan kalium dapat diperoleh dari pisang, tomat, dan susu.

g. Zink

Zink termasuk nutrisi yang sangat diperlukan tubuh anak untuk menjalankan fungsi masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan. Hampir 70 enzim dalam tubuh memerlukan zink untuk menjalankan fungsinya. Anda dapat mendapatkan asupan zink dari brokoli, bayam, dan tomat.

h. Vitamin

Vitamin merupakan zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat kecil dan tidak dibentuk oleh tubuh. Vitamin berfungsi dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan, dan pemeliharaan tubuh. Vitamin yang diperlukan tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

  • Vitamin A diketahui baik untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Selain itu juga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, serta menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel-sel serta jaringan dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain daging sapi, hati ayam, susu, dan buah-buahan berwarna cerah.
  • Vitamin C sangat diperlukan untuk proses pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh. Dengan vitamin C gusi anak akan tetap sehat, serta mampu membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin C banyak terkandung dalam buah pepaya, nanas, dan melon.
  • Vitamin D dapat membantu tubuh anak menyerap mineral seperti kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat. Sumber vitamin D berasal dari telur, tahu, tempe, dan daging ikan.
  • Vitamin E ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel, menjaga sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme lainnya. Asupan vitamin E dapat diperoleh dari bayam, biji-bijian, dan buah alpukat.

Pemenuhan nutrisi sangat penting

Pemenuhan nutrisi untuk anak sangatlah penting, terutama pada 1000 hari pertama kehidupannya. Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi anak mulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia 24 bulan. Karena 1000 hari pertama kehidupan anak merupakan masa kritis tumbuh dan kembangnya.

Anak dengan asupan nutrisi yang optimal akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, mulai dari kematangan sel imun, komposisi tubuh yang sesuai, perkembangan kognitif baik, serta kematangan organ metabolisme dan pencernaan. Manfaat lainnya kelak saat dewasa ia akan tubuh menjadi anak yang sehat dan minim resiko penyakit.

Jadi, 1000 hari pertama merupakan masa emas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang akan berdampak pada kesehatannya di masa mendatang. Asupan nutrisi yang diberikan harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan selama masa dalam kandungan, menyusu, lepas ASI, hingga usia balita. Maka dari itu, sangat penting bagi setiap ibu dan anak mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang optimal.

What do you think?

20 Cara Mendidik Anak Dengan Benar Dan Bijak

Periode Emas, 1000 Hari Pertama Kehidupan